Berdasarkan
penelitian “Accounting Change and Institutional Capacity: The Case of a
Provincial Government in Indonesia” mengamati tentang perubahan sistem akuntansi pemerintahan provinsi di
Indonesia. Penelitian
ini juga menarik memperhatikan kapasitas kelembagaan pemerintah provinsi dan
masalah pelaksanaan itu ditemui dalam mengadopsi sistem akuntansi akrual. Penelitian ini
menggunakan perspektif ekonomi dan kelembagaan dalam membuat konsep bagaimana
sebuah perubahan akuntansi dilakukan . Studi menunjukkan bahwa dari perspektif
berbasis ekonomi penerapan pelaporan baru Sistem didorong
oleh keinginan untuk meningkatkan kinerja organisasi pemerintah di negara itu. Hal
ini juga menemukan bahwa perubahan dari sistem pelaporan tidak disertai dengan
pemisahan peran pejabat lokal terpilih ( yaitu gubernur ) dan anggota dewan
setempat sebagai politisi dan pengambil keputusan di alokasi pendanaan dan
penyusunan anggaran di pemerintah provinsi. Penggunaan
sistem pencatatan terbaru di provinsi terjadi karena adanya pemaksaan
pemerintah daerah di Indonesia diwajibkan untuk mematuhi aturan yang
diberlakukan oleh pemerintah pusat pemerintah.
Namun,
berdasarkan pengalaman dari pemerintah provinsi dalam melaksanakan sistem baru akuntansi. Sistem baru akuntansi ini belum cukup terintegrasi dengan lembaga-lembaga yang berada di daerah,
akibatnya sistem akuntansi yang baru ini belum membawa dampak yang yang nyata
bagi daerah. Penelitian ini mencoba untuk memahami
bagaimana perubahan akuntansi mulai diterapkan pada pemerintah
provinsi di Indonesia . Penelitian ini juga menguji kapasitas kelembagaan
pemerintah provinsi dengan
mengadopsi sistem baru
akuntansi. Diambil dari perspektif ekonomi , kebijakan untuk mengadopsi sistem akuntansi berbasis akrual tingkat pemerintah
provinsi Indonesia menunjukkan negara mengikuti pola yang sama dengan negara
lain yang bertujuan untuk memperkuat pemerintahan yang efisien lebih akuntabel
, dan transparan . Seperti dengan reformasi manajerial organisasi sektor publik
di Australia , Selandia Baru dan Inggris , keputusan untuk mengadopsi akuntansi
akrual telah menjadi tema sentral reformasi ini ( Ryan 1998; Carlin 2005) .
Dalam konteks PGUS , akuntansi akrual
juga telah dipromosikan untuk perbaikan efisiensi dalam organisasi pemerintah
di tingkat nasional dan lokal . Meskipun demikian , perubahan sistem pelaporan
tidak diikuti dengan pemisahan peran yang saling bertentangan antara gubernur
dan DPRD di PGUS sebagai dewan dan pemimpin daerah . Dari teori
kelembagaan, penelitian menunjukkan dua poin penting . Pertama , penelitian ini
menunjukkan bagaimana akuntansi telah digunakan oleh pemerintah pusat dalam
menentukan sifat dari sistem pelaporan di tingkat provinsi di Indonesia . Sifat
sistem politik di Indonesia yang memberikan peran signifikan dari pemerintah
pusat untuk mengawasi pemerintah daerah telah membuat
akuntansi menjadi " alat politik " untuk mengontrol pemerintah daerah
. Ini berbeda ( misalnya) , dari pendekatan Australia dalam reformasi akuntansi
sektor publik , di mana proses penerapan akuntansi akrual adalah lebih kompleks
dan stakeholder yang
terlibat baik
dari pemerintah dan profesional organisasi saling bersaing ( Christensen
2002 , 2010; Ryan 1999) . Argumen-argumen ini menyiratkan bahwa untuk konteks
Indonesia - peran akuntansi sebagai alat politik bagi orang-orang pengendali (
dan organisasi ) melemahkan perannya untuk meningkatkan kinerja dan peningkatan
efisiensi . Dengan kata lain ,sistem akuntansi yang baru ini bertujuan untuk mengubah pola akuntansi
menjadi lebih baik.
Untuk
penelitian lebih lanjut,
penggunaan perspektif
berbasis ekonomi
bersama dengan teori
institusional bisa digunakan dalam
memeriksa perubahan
akuntansi tertentu
dari suatu organisasi
dari perspektif yang berbeda.
Selain itu, penggunaan
beberapa pendekatan
dalam pengumpulan
data berguna
dalam memberikan gambaran
yang lengkap dari
proses perubahan di akuntansi sektor
publik. Oleh
karena itu pendekatan
ini dapat
direplikasi dalam
konteks lokal
pemerintah di negara-negara
lain. Namun,
tidak data nya tidak dapat disajikan sebagai data
penelitian,karena sampelnya ini hanya
diambil dari pemerintah provinsi
di Indonesia saja. Tentu berbeda jika dilakukan dengan menggunakan
sampel data dari daerah di luar Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar