twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Menghitung Nilai Buku (Book Value) Suatu Saham


Nilai Buku atau Book Value

Book Value atau nilai buku adalah aset/kekayaan bersih yang dimiliki perusahaan. Cara menghitung nilai buku perusahaan adalah total aset perusahaan dikurangi seluruh utangnya. Dengan kata lain, nilai buku adalah nilai bila perusahaan tersebut dijual oleh pemegang saham dengan mengandaikan seluruh utang tealh dilunasi. Price Book Value (PBV) adalah perbandingan antara harga saham dengan nilai buku per lembar saham.
Ratio analisis berfungsi untuk melengkapi analisis book value. Jika pada analisis book value, investor hanya mengetahui kapasitas per lembar dari nilai saham, pada ratio PBV investor dapat membandingkan langsung book value dari suatu saham dengan market value-nya. Dengan ratio PBV ini investor dapat mengetahui langsung sudah berapa kali market value suatu saham dihargai dari book value-nya.
Setelah mendapatkan ratio PBV, investor dapat membandingkan langsung ratio ini dengan saham-saham di industrinya atau yang bergerak disektor ekonomi yang sama. Dengan demikian investor akan mendapat gambaran mengenai harga suatu saham, apakah market value saham trsebut sudah relatif mahal atau ternyata masih murah.
Memang tidak ada ukuran pasti mahal tidaknya suatu harga saham jika diukur dari ratio PBV-nya karena hal ini sangat tergantung pada ekspektasi dan kinerja dari perusahaan/saham tersebut. Tapi, paling tidak memberikan gambaran potensi pergerakan harga suatu saham. Maksudnya adalah jika suatu saham yang berkinerja baik ternyata PBV-nya masih rendah dibandingkan rata-rata PBV saham di sektornya, harga saham tersebut masih memiliki potensi untuk naik, demikian pula sebaliknya.
Perlu diingat, ratio ini hanya efektif jika digunakan untuk hii mlundingkan saham-saham pada sektor ekonomi yang sama atau tli hi in perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Ini  kewajaran berapa kali ratio PBV dapat saja berbeda pada setiap sektor ekonomi. Semuanya sangat tergantung pada ekspektasi pasar terhadap potensi pertumbuhan usaha dari suatu sektor ekonomi.





BMRI
Nilai buku per lembar  =         Total Ekuitas           
                                         Jumlah Saham Beredar
                         = 62654408000000
                                                   23.333.333.333
                                 =2658,19 =  2658
 

ADHI
Nilai buku per lembar=        Total Ekuitas           
                                         Jumlah Saham Beredar
         = 990.367.790.558
                 1.757.225.500
             = 563,60= 564







4 komentar:

hannasunarni.blogspot.com mengatakan...

cari nilai nominal saham gmn kak? dan nilai pasar saham?

Anonim mengatakan...

kan ada google sih, cari doong duuuh :"""

#kecoaterbang mengatakan...

pemalas

Anonim mengatakan...

hai.. mau tanya faktor apa saja yang mempengaruhi nilai buku saham?

Posting Komentar